2/18/2015

Belanja Murah di Jepang? Kunjungi 5 Tempat Ini!

Hallo (^O^)/

Bagi para mahasiswa asing yang sedang atau akan tinggal di Jepang, terutama di Tokyo, pasti pernah kebingungan harus belanja dimana supaya bisa menghemat uang, benarkan? Walaupun kita semua tahu kalau Tokyo adalah salah satu kota dengan biaya hidup yang tinggi, tapi ternyata ada tempat dimana kita bisa belanja dengan harga murah, lho. Jadi, buat kamu yang akan studi atau pertama kali ke Jepang, tidak perlu lagi cemas dengan kondisi keuangan kamu, karena kamu bisa menghemat uang kamu di tempat-tempat berikut. Yuk disimak!

1. 100 yen shop

Ini adalah toko wajib yang kamu kunjungi ketika berada di Jepang. Kenapa? Karena di toko ini, kamu bisa menemukan segala macam barang, mulai dari makanan sampai alat-alat rumah tangga, dengan harga 100 yen. Murah banget kan? Walaupun murah, bukan berarti kualitasnya abal-abalan, lho. Kualitas barang-barang disini cukup awet kalau digunakan secara wajar. 



Toko 100 yen ini dapat mudah kamu temukan di sekitaran Tokyo. Cari saja toko dengan tulisan 100円ショップ seperti gambar di bawah, atau kamu juga bisa mencari toko Daiso 100 yen, yang cukup banyak tersebar di seluruh Jepang.


2. Donki Hote (ドン.キほーテ)

Harga barang di toko ini sedikit lebih mahal daripada toko 100 yen. Namun, kamu bisa menemukan lebih banyak variasi produk dan merek di toko ini, dengan kualitas yang sedikit lebih baik. Mulai dari casing handphone, earphone, sepatu, hingga koper dijual di toko ini. Selain itu, di beberapa lokasi, toko Donki Hote juga menjual barang branded bekas dengan harga yang cukup kompetitif. Kalau kamu ingin membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang ke Indonesia, kamu juga bisa membelinya di toko ini, karena biasanya mereka memiliki size besar untuk beberapa produk tertentu.




3. Don Don Down on Wednesday

Bagi kamu yang suka dengan fashion, kamu wajib mengunjungi toko ini. Di toko ini, semua barang dilabelin dengan tag sayuran (terong, pisang, nenas, dll). Nah, setiap tag ini memiliki harganya masing-masing, misalnya terong 500 yen, pisang 200 yen, dll, yang bisa dilihat di pricelist toko. Sesuai dengan namanya Don Don Down on Wednesday, toko ini selalu memberikan potongan harga untuk tag sayuran tertentu setiap hari Rabu. Biasanya, harga paling rendah di toko ini adalah hari Rabu minggu keempat setiap bulannya. 
Oh iya, kamu juga bisa menjual pakaian bekas kamu yang masih layak dipakai di toko ini, lho. Biasanya toko ini membeli pakian bekas dengan hitungan per-kg.




4. Book OFF

Book OFF merupakan surga bagi kamu yang menyukai komik, buku/novel, games, dan CD/VCD/DVD. Alasannya karena semua barang disini, baik komik maupun game, masih dalam keadaan baik dan harganya murah banget, mulai dari 100 yen! Kamu juga bisa menemukan game Nintendo zaman dulu disini, lho! Oh iya, toko ini juga menjual PSP Vita, PSP, X box, dan handphone bekas dengan harga yang lebih murah dari pasaran. Walaupun tidak ada garansi untuk barang-barang tersebut (biasanya garansi tokonya 3-7 hari), kamu tidak perlu cemas, karena kondisi barang-barang ini sudah dicek terlebih dahulu oleh penjaga tokonya sebelum dibeli dari penjualnya. Jadi, no worries!
Kamu juga bisa menjual buku, komik, novel, DVD, dll disini juga, lho. Tapi ingat ya, kondisinya masih harus layak dipakai. :)





5. Second-hand shop di Shimokitazawa

Kalau kamu adalah orang yang suka banget hunting barang-barang vintage, atau secondhand shop, kamu wajib banget mengunjungi daerah Shimokitazawa di Tokyo. Daerah ini cukup mudah dijangkau dengan kereta, jadi tidak ada alasan untuk tidak berkunjung ke sini. Walaupun harga barang dan pakaian di sini terbilang sedikit lebih mahal, tapi kalau kamu cukup beruntung, kamu bisa menemukan barang-barang unik, bahkan baju designer terkenal dengan harga miring di sini, lho!
silakan baca review beberapa toko di Shimokitazawa dengan klik disini.

Craig list
Selain toko yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa mencari barang-barang yang kamu perlukan di website Craiglist. Di website ini, kamu bisa menemukan sepeda bekas hingga vacuum cleaner dengan harga yang sangat murah, bahkan kadang-kadang gratis asal kita mengambil di tempat pemiliknya, lho.

Gimana? sudah tidak pusing lagi kan mau belanja dimana supaya bisa berhemat ketika tinggal di Jepang? Semoga artikel ini bermanfaat.

Cheers,
Study Go Japan (Monica)

    

No comments:

Post a Comment